Sabtu, 03 Desember 2011

Contoh Pola Pengembangan Paragraf Eksposisi Definisi dan Perbandingan


1.Pola Pengembangan Definisi
 Pada pola pengembangan definisi ini paragraf dikembangkan dengan memberikan keterangan atau arti terhadap sebuah istilah atau hal. Di sini kita tidak menghadapi hanya suatu kalimat, tetapi suatu rangkaian kalimat untuk menjelaskan suatu hal.
Contoh:


 Tahitian Noni Juice adalah salah satu obat yang dapat terpecaya untuk menyembuhkan segala penyakit.Jenis obat ini bahan utamanya adalah buah noni.Tahitian Noni Juice ini telah diakui lebih dari 200 dokter yang ada di Dunia bahwa Tahitian Noni Juice dapat menyembuhkan penyakit dengan baik dan di halalkan .Manfaat yang terkandungnya Proxeronine di dalam Tahitian Noni Juice menurut penelitian Dr.Ralph Heinicke , Xeronine dapat membantu memperbesarkan pori-pori disekeliling dinding sel agar nutrisi dapat diserap oeh sel dan kotoran dapat keluar dari sel.Xeronine dapat membantu kemampuan tubuh kita untuk menggunakan nutrisi yang kita konsumsi sehari-hari.








Pola Pengembangan Perbandingan
Pola pengembangan paragraf yang dikembangkan dengan menggunakan dua sudut pandang perbandingan secara berpasangan, misalnya unsur kesamaan dan perbedaan, keuntungan dan kerugian, kelebihan dan kekurangan. Kalimat utama dalam paragraf perbandingan menyatakan dua hal yang akan dibandingkan. Maksud dari perbandingan itu antara lain untuk menjelaskan pada suatu penilaian yang relatif mengenai kedua hal yang dibandingkan itu.
Kata penghubung yang biasa digunakan pada pola pengembangan perbandingan adalah dibandingkan dengan, jika dibandingkan dengan, daripada, dan sebagainya.
Contoh :


 Cara berpakaian zaman sekarang dibandingkan dengan zaman dulu atau biasanya sering disebut anak-anak remaja zaman jadul itu menjadi hal yang penting bagi anak-anak seusianya.Mereka beranggapan bahwa pakaian pada zaman itu norak atau jelek padahal pakaian zaman dulu lah yang memiliki tata krama yang sopan dan bisa menutupi auratnya,tetapi mereka lebih suka memilih untuk berpakaian yang ada di era globalisasi yang maju ini.Terbuka dan bebas berpakaian menunjukkan bahwa ia termauk orang yang gaul katanya.Mereka menuruti cara seperti orang luar negeri karena mereka beranggap bahwa itu bisa menjadi contohnya yang baik.Padahal ajaran Islam tidak menyukai cara mereka itu.Sebenarnya boleh-boleh saja tetapi yangpositifnya saja.Daripada dikatain Norak lebih baik menuruti zamannya sendiri-diri.


1 komentar: